Jumat, 18 Februari 2011

MUTASI DI PEMKO MEDAN 36 PEJABAT 40 MENYUSUL


Kantor Walikota Medan. (int).JPG
Medan-Pearaja Online Mutasi dipemko Medan .Walikota Medan Rahudman Harahap  melantik 36 pejabat eselon II ,III,dan seorang pejabat eselon IV di ruang rapat III Kantor Wali Kota Medan jumat (18/2). Rahudman memastikan pelantikan ini baru tahap pertama. Serta pejabat eselon II dan III jajaran Pemko Medan Selasa (22/2) mendatang. “Ini baru tahap pertama.Selasa nanti 40 pejabat,baik eselon II dan III akan dilantik,masih ada jabatan yang kosong,”  Rahudman usai pelantikan. ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja.Semua ini telah melalui proses di Baperjakat.“ Kinerja mereka selama tiga bulan ke depan akan dievaluasi,” tambahnya.
Dia  meminta, Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan yang baru agar lebih memberdayakan dan menumbuhkembangkan usaha kecil di Kota Medan.Begitu pula kepada Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Medan yang diminta untuk meningkatkan sektor pariwisata dan menata organisasi struktur di SKPD tersebut. “Kepada Dinas Pertamanan Kota Medan,(diberi waktu) selama tiga bulan,reklame bermasalah sudah tidak ada. Dan kepada camat, kinerja mereka akan saya kontrol 24 jam,”pungkasnya. Pejabat dilantik tidak jauh beda dari nama-nama yang disampaikan sehari sebelum pelantikan. Pejabat eselon II yang dilantik antara lain Arif Sudarto Trinugroho menjadi Asisten Pembangunan. Dia sebelumnya Kepala Badan Penelitian dan Pembangunan Kota Medan (Balitbang). Arief digantikan Lahum yang sebelumnya menjabat Kepala BKD Kota Medan. 
Jabatan Lahum diisi Parluhutan Hasibuan yang sebelumnya menjabat Kabid Analisis dan Kebutuhan Mutasi BKD Kota Medan. Selain itu, Musaddad menjadi Asisten Kesejahteraan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Medan.Posisi Kepala Satpol PP yang ditinggalkannya diisi Kriswan Harahap yang sebelumnya menjabat Kepala Tata Usaha Satpol PP Kota Medan. Damikrot Harahap, sebelumnya menjabat Kepala Bagian Kemasyarakatan, dilantik menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat menggantikan Abu Hanifa yang diangkat menjadi Staf Ahli Wali Kota Medan bidang ekonomi. Kepala Bagian Kemasyarakatan dijabat Sulaiman Harahap yang sebelumnya menjabat Plt Kadis Kebersihan Kota Medan.Kadis Kebersihan dijabat Pardamean Siregar.

Selanjutnya, Vuko Redward Wilson Bakara dilantik menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat. Vuko sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran. Posisi itu kini diduduki Marihot Tampubolon yang sebelumnya menjadi salah satu kepala bidang di dinas tersebut. Rismaria Hutabarat,yang sebelumnya menjabat Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, ditunjuk menjadi Kepala Badan Penanaman Modal. Posisi yang ditinggalkannya diisi Busral Manan. Sementara itu, Zulkarnain Lubis dipercaya menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).Darussalam Pohan menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Erwin Lubis menjadi Kepala Dinas Pertamanan. Syahrizal Arif menjadi Kadisperindag menggantikan Basyrul Kamali.Farit Wajedi menjadi Inspektur Kota Medan.

Qamarul Fattah menjadi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. Sampurno Pohan menjadi Kadis TRTB Kota Medan. Zulkifli Sitepu menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Syarif Armansyah Lubis menjadi Kepala Dinas Perhubungan Medan. Kemudian, Abdul Muluk Dalimunthe menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB. OK Zulfi MSi menjabat Sekretaris DPRD Medan,dan Hanas Hasibuan menjadi Kadispora Kota Medan. Sementara itu, pejabat eselon III yang dilantik antara lain Pahri Matondang menjadi Camat Medan Sunggal menggantikan Nurli. Aidal Fitra ditunjuk menjadi Camat Medan Area menggantikan Sofyan yang diangkat menjadi Kabag Tapem Setda Kota Medan.

 Camat Medan Amplas dipegang Edliaty yang sebelumnya menjabat Camat Medan Denai.Camat Medan Denai sendiri diisi Edi Mulia Matondang.Sementara itu,Budi Hariono didefinitifkan menjadi Camat Medan Perjuangan. Muhammad Husni dipercaya menjadi Kabag Perlengkapan dan Aset Setda Kota Medan. Jabatan Kabid Ekonomi Bappeda Kota Medan yang ditinggalkan Huni masih kosong.Ikhsar Risyah Marbun yang sebelumnya menjabat Plt Kadis Pertamanan Kota Medan menjadi Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Medan menggantikan Mulya. Ikhwan Habibi Daulay menjadi Kepala Bagian Hukum Setda Kota Medan dan A Guntur Siregar menjadi Kepala Kantor Sandi.Satu-satunya pejabat eselon IV yang dilantik kemarin adalah Sumiadi.

Dia menjadi Kasubbag Ketatausahaan pada Bagian Umum Setda Kota Medan. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan Busral Manan mengatakan, upayanya di tahap awal adalah mengembangkan kebudayaan delapan etnis di Kota Medan. Setiap sarana hiburan dan hotel minimal sebulan sekali menampilkan kesenian daerah setempat.Namun, dia belum mempunyai konsep untuk menyelesaikan sejumlah persoalan yang terjadi pada hiburan malam. Sementara itu, Kadis TRTB Kota Medan Sampurno Pohan,meskipun sudah berpengalaman sebagai staf dan sekretaris di Dinas TRTB, tidak banyak berkomentar mengenai konsep penyelesaian masalah bangunan liar.

Dikritik

Pelantikan pejabat kemarin ditanggapi miring kalangan anggota DPRD Medan.Sekretaris Fraksi PKS DPRDMedanJuliandiSiregarmengaku mengapresiasi langkah Wali Kota.Namun,dia mempertanyakan perombakan pimpinan SKPD yang dinilai tidak tepat sasaran. “Ada pejabat yang belum satu tahun diangkat pada jabatan itu sudah dimutasi lagi, seperti Kadispora Busral Manan atau Kadis Pariwisata Rismaria. Artinya, kesempatan untuk bekerja itu belum bisa dinilai maksimal.Tapi di sisi lain ada juga pejabat yang sudah lama menjabat atau pejabat yang kinerjanya negatif, tidak diganti. Ini memunculkan pertanyaan juga, kenapa bisa seperti itu,”katanya.

Juliandi juga mempertanyakan kriteria penempatan pejabat ini.Dia menilai ada sejumlah pejabat yang diangkat dalam dua jabatan yang lebih tinggi sedemikian cepat, hanya beberapa bulan sejak Rahudman dilantik sebagai Wali Kota Medan.“Saya tidak ingin sebut namanya ya,”tandasnya. Berdasarkan ucapan Juliandi, memang ada beberapa nama yang memenuhi kriteria itu, yakni Armansyah Lubis. Sebelum Rahudman memenangkan Pilkada Medan dia adalah Camat Medan Marelan. Setelah dilantik, Rahudman memercayakan Armansyah sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Medan,dan sekarang menjadi Kepala Dinas Perhubungan.

Kemudian Kadis Kebersihan Pardamen Siregar. Sebelum Rahudman dilantik dia adalah Camat Medan Barat. Kemudian Rahudman mengangkatnya sebagai Kabag Tata Pemerintahan dan kini jadi Kepala Dinas Kebersihan. (barat)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar