Rabu, 07 Desember 2011

PTPN3 Salurkan Rp 12,145 Miliar kepada 289 Mitra Binaan


MedanBisnis – Medan. PT Perkebunan Nusantara III (PTPN3) menyalurkan dana program kemitraan senilai Rp 12,145 miliar kepada 289 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mitra binaan PTPN3.
Acara penyerahan dana tertsebut diadakan di Gedung Pamitran, Sei Karang, Deli Serdang selama sepekan yaitu mulai 28 November hingga 3 Desember 2011.

"Penyaluran dana pinjaman bergulir tersebut diberikan sekaligus dengan pendidikan dan pelatihan kepada semua calon mitra binaan Usaha Kecil Menengah dari seluruh kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) mulai dari Karo, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Labuhanbatu, Tapsel, Tapteng, Madina, Langkat, Asahan, Kota Medan dan Binjai, Simalungun dan Dairi," kata Kepala Bagian Kemitraan dan Bina Lingkungan, Sunardiono di Medan, Rabu (30/11).

Dikatakan, menyejahterakan seluruh rakyat adalah amanah dan cita-cita pemerintah Indonesia. Untuk itu sebagai bagian dari BUMN yang concern pada industri perkebunan sawit dan karet, PTPN3 tidak hanya dituntut pemegang saham untuk  menghasilkan laba bagi negara, namun juga menciptakan iklim perekonomian masyarakat didorong tumbuh dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perekonomian nasional.

Untuk itu program pinjaman modal bergulir kepada para pengusaha kecil menengah yang kesulitan mengembangkan usaha dibantu melalui dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dalam hal ini disalurkan melalui program kemitraan perusahaan.

Penyaluran dana bantuan kemitraan disalurkan secara langsung melalui rekening pengusaha masing-masing.

Penyaluran dana program Kemitraan PTPN3 ini, ungkapnya, didasarkan pada Surat Keputusan Meneg BUMN No. 326/MBU/2003 dan Peraturan Meneg BUMN No 05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan usaha kecil.

"Untuk angkatan ke-27 pada triwulan IV ini disalurkan kepada 289 UKM mitra binaan PTPN3 sebesar Rp 12,145 miliar," jelasnya.

Total dana kemitraan yang telah di salurkan PTPN3 hingga saat ini berjumlah Rp115,5 miliar dengan jumlah 4.284 mitra binaan di Sumut.

"Jumlah ini akan terus bertambah seiring tingkat keuntungan yang dicapai perusahaan setiap tahunnya," katanya.

Selain memberikan bantuan dana, pada kesempatan tersebut pihaknya juga melakukan pelatihan dan sosialisasi mengenai tata cara mengelola usaha, seperti bagaimana peningkatan peran PKBL BUMN PTPN3, bagaimana membuat laporan kegiatan usaha mitra binaan, analisis laporan keuangan UKM, materi yang terkait dengan hukum, kewirausahaan dan kewiraswastaan, komunikasi dan etika bisnis, aspek keuangan dan pembukuan serta teknik mengelola usaha mikro, kecil dan menengah dari aspek pemasaran dan kemasan serta merek.

Choirudin, pengusaha warnet asal Merbau Selatan, Labuhan Batu yang menerima dana bantuan mengatakan, dana bantuan ini sangat membantu para pelaku UKM yang mengalami kesulitan dana. Dia berharap akan banyak pengusaha kecil yang bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar