Senin, 25 Juni 2012

PERKEMBANGAN PROGRAM TOBA GO GREEN DI DAIRI DAN HUMBAHAS

Ketua Tim I Kolonel Inf Muhammad Hafiz Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ilpengtek dan Lingkungan Hidup beserta rombongan meninjau pelaksanaan Program Toba Go Green di desa Silalahi Kecamatan Silahi Sabungan Kab. Dairi, Minggu (24/6).
 
            Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F Paulus telah mencanangkan Program Toba Go Green di Kawasan Danau Toba pada tanggal 5 Oktober 2011 lalu, artinya lebih kurang sembilan bulan pelaksanaan program Toba Go Green berjalan, untuk suksesnya pelaksanaan Program tersebut, sesuai dengan harapan kita bersama, maka perlu diadakan peninjauan dan langsung turun ke lapangan agar mendapatkan data yang akurat dan benar dalam melaksanakan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan program tersebut. Untuk itu Ketua Tim I Kolonel Inf Muhammad Hafiz beserta rombongan, melaksanakan Peninjauan pelaksanaan Program Toba Go Green di wilayah Kecamatan Silahi desa Silalahi 1, desa Silalahi 2, desa Silalahi 3, desa Paropo Induk dan desa Paropo 1 yang menjadi lokasi pelaksanaan Program Toba Go Green.
 
Berdasarkan hasil peninjauan Kolonel Inf Muhammad Hafiz menyimpulkan bahwa sangatlah tepat Program Toba Go Green dilaksanakan di lokasi desa tersebut diatas, karena penghijauan kembali hutan perbukitan di lima desa tersebut akan dapat memberikan debit air yang banyak untuk kepentingan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Lau Renun Kec Sumbul Kab Dairi Prov sumut, dengan demikian sangatlah signifikan hubungan Toba Go Green dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Lau Renun tersebut. Dalam pelaksanaan penghijauan kembali hutan dimaksud melalui program Toba Go Green berjalan dengan baik dan lancar, namun dalam pelaksanaan penanaman selanjutnya, masih banyak membutuhkan bibit, ini terlihat ketika ketua tim beserta rombongan melaksanakan peninjauan ke lokasi pembibitan pohon kemiri dan kemenyan yang mendukung Toba Go Green di belakang asrama Kodim 0206/DR. Dengan kurangnya bibit tersebut sangat diperlukan partisipasi semua pihak untuk mencari solusi yang baik dalam mengatasinya, dengan demikian bila kita sudah mendapat stok bibit yang banyak maka lokasi-lokasi hutan gundul di kawasan Danau Toba, yang belum ditanami dapat ditanami kembali dan dapat menyisip pohon yang mati pada penanaman terdahulu.
 
Rombongan Tim Pabandya Puanter Sterdam I/BB Mayor Inf M. Ilyas dan Kasi Pensus Pendam I/BB Mayor Caj Drs. Wendrizal Dalam kunjungan tersebut, diterima oleh Kasdim 0206/DR Mayor Kav Arwan, Pabung Dim 0206/DR Mayor Inf DM Ginting, Camat Silahi Sabungan Drs. Parasean Sialaho, M.Ap, Pasiter Dim 0206/DR Kapt Inf M. Tambunan, Danramil 01/Sumbul Kapt Inf M. Nainggolan dan Manajer PLTA Lau Renun serta tokoh masyarakat lainnya.

Keterangan Gambar : Ketua Tim I Kolonel Inf Muhammad Hafiz Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ilpengtek dan Lingkungan Hidup meninjau pelaksanaan Program Toba Go Green didampingi Pabung Dim 0206/DR Mayor Inf DM Ginting dan Tokoh Masyarakat setempat Sitanggang, bertempat di desa Silalahi Kecamatan Silahi Sabungan Kab. Dairi, Minggu (24/6).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar